Januari merupakan bulan
ramai-ramainya pemberitaan bahwa ada sebuah wabah yang menakutkan di propinsi
Wuhan China. Awal mula pandemi ini di China akhirnya menyebar ke seluruh dunia, sehingga
di Indoensia dinyatakan banyak terjangkit covid 19 awal bulan Februari dan
dinyatakan semua aktivitas kegiatan
dihentikan serta lockdown di pertengahan
bulan maret. Anak-anak di sekolah mulai belajar di rumah dengan cara daring
sampai ujian kenaikan kelas dan ujian nasionalpun ditiadakan.
Di masa pademi ini, setiap diri harus
mengusahakan agar tubuhnya tetap sehat untuk itu perlu adanya upaya untuk
melakukannya dengan cara:
Pertama, membiasakan diri mencuci
tangan sesering mungkin.mencuci tangan yang baik adalah dengan cara mencuci
tangan dengan sabun dibilas sampai bersih. Tapi kalau tidak ada sabun kondisi
kita jauh dari air yang mengalir bisa menggunakan handsanitizer.
Kedua, membiasakan kemana saja untuk
selau memakai masker.baik di jalanan, dipasar, dan dimadrasah selalu mmakai
karena sekarang sudah ada undang-udang yang mewajibkan memakai masker dan akan
dikasih denda bagi yang tidak memakainya.
Ketiga, menghindari kontak dengan
orang-orang yang sakit meskipun keterangan jelas penyakit karena covid ataupun
bukan, kecuali para petugas kesehatan yang harus merawat para penderita yang
sakit.
Keempat, biasakan tidak menyentuh
wajah, jangan pegang mata, hidung, mulut, kecuali sangat diperlukan dan harus
kita pastikan bahwa tangan kita selalu bersih.
Kelima sempatkan olahraga dan
istirahat yang cukup
Keenam , jika memungkinkan lakukan
semua aktivitas dirumah saja. Stay at home. Misalnya bekerja, belanja, belajar
karena kita tidak bisa mengendalikan kondisi di luar.
Dalam point yang keenam
ini guru harus belajar lagi untuk bisa menjadi guru yang profesional dalam
menghadapi perubahan dalam pembelajaran. Mulai sekarang guru belajar mencari
solusi dalam pembelajarannya. Di bulan maret,april,mei dan juni banyak sekali kegiatan webinar dan bimbingan
teknis untuk menerapkan pembuatan pembelajaran yang akan digunakan.di bulan
april disaat guru harus work from home kita mengikuti pembelajaran pembuatan
vidio dari powton, animaker, power point dan materi esensial yang akan
disampaikan dalam kurikulum darurat. Selama ini masih aturan siswa belajar
dirumah. Hasil telusuran teman guru mengadakan sharing dengan siswa ternyata
masih ada siswa yang belum punya HP dan masih juga HP milik orang tua. Untuk
itu sebagai pendidik harus bisa kreatif dan inovatif.
Menurut Surat Edaran
Kemendikbud No. 15 Tahun 2020 tentang pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desase (Covid 19) dalam bab 1
Tujuan, Prinsip, Metode dan Media Pelaksanaan Belajar dari rumah huruf C tentang
Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah( BDR) “ BDR dilaksanakan dengan
pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi ke dalam 2(dua) pendekatan: 1.
Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan(daring) 2. Pembelajaran jarak jauh luar
jaringan(luring) .Dalam pelaksanaan PJJ, satuan pendidikan dapat memilih
pendekatan (daring atau luring atau komninasi keduanya) sesuai dengan
kestersedian dan kesiapan sarana dan prasarana. Sehingga ada istilah merdeka
belajar yang artinya bebas memperdayakan kemampuan pendidik dalam mengembangkan
media dan sarana prasarana dalam pembelajaran.
Untuk peningkatan
kompetensi guru diharapkan menghasilkan
guru yang kreatif dan inovatif, teladan dilingkungan pembelajarannya,
menginspirasi siswa, menginspirasi guru lainnya disekolahnya, penggerak di
komunitas guru, penggerak lingkungan pembelajaran yang berdampak well being siswa meningkat, penggerak
untuk menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna. Peningkatan kompetensi
guru dalam masa pendemi ini dengan cara moda tatap muka, moda blended learning, dan moda daring.
Inovasi pembelajaran yang bisa meningkatkan kualitas dan kompetensi guru dan
mengiinspirasi guru untuk melakukan berbagai pembelajaran bagi anak dididknya.
Kegiatan peningkatan kompetensi bagi guru ini dilaksanakan dengan model
pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Leaerning yang menuntut
pendidik untuk lebih kreatif menciptakan karya-karya yang unggul dan bermanfaat
bagi pengembangan pembelajaran.
Kegiatan pembelajaran di
masa pandemi ini pendidik dan peserta didik menggunakan media Smartphone/HP
dengan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran dirumah adalah Whatshap, Google Classroom , Youtube, Facebook,
Instragram serta dalam pentemuan bisa menggunakan dengan aplikasi Streamyard, Zoom dan Google Meet.
Pembelajaran jarak jauh yang
akan kita evaluasi selama satu bulan kedepan dimana seorang guru harus mengajar
di depan layar di depan handphone di depan laptop tentu tahap pertama pasti tidak nyaman tentu
merasa kanggok dalam bahasa Indonesianya adalah merasa canggung awal-awal dalam
menghadapi pembelajaran jarak jauh tentu kondisi guru adalah kondisi yang tidak
nyaman
Pada masa zona baru yang
mungkin selama ini belum pernah di alami ada dalam kondisi yang sangat tertekan
bisa jadi sangat tidak nyaman harus melakukan pembelajaran dengan bertatap muka
dengan siswa-siswi dengan kondisi yang sangat berbeda dari keseharian dulu
dimana dalam sebuah kelas yang sama terdengar suara mereka dalam canda mereka,
yang melihat anak-anak posisi tidur di jam pertama dan harus di ingatkan untuk
selalu mengangkat kepalanya agar tidak menempel dimeja, mengingatkan untuk
selalu semangat dalam belajar namun saat ini hanya menemukan mereka di layar handphone atau di layar laptop bahkan tidak bisa mengingatkan mereka ketika mereka
tidak fokus mendengarkan atau mematikan videonya atau hanya hadir namanya tapi orangnya tidak nampak
sehingga pendidk tidak bisa untuk
memaksa mereka untuk tetap bersama dari mulai jam pertama sampai terakhir bahkan
di salam pembuka sudah 30 menit saja
tidak ada yang menjawab atau merespon pembelajaran yang diberikan oleh bapak
ibu guru sehingga perlu belajar bagaimana menjadikan pembelajaran jarak jauh tetap
dinikmati sebagaimana guru dan
murid-murid belajar dan bertatap di
ruang kelas
Ada beberapa fenomena
positif yang ditemukan dalam proses pembelajaran jarak jauh ini yang pertama
guru belajar teknologi secara sukarela atau secara paksa rela dipaksa sampai
rela rasanya seperti itu sebelumnya kalau memang mau tetap membersamai
siswa-siswi dan harus belajar minimalnya harus mendownload
aplikasi yang biasa dipakai apakah Zoom
,Google Meet, Google Classroom,Kinimaster,Power Director, Camtasia yang
jelas guru tambah ilmu guru dan bertambah pintar karena harus beradaptasi secara suka atau tidak suka harus
mengikuti adaptasi itu, yang awalnya dipaksa lama-lama jadi biasa.
Pembelajaran jarak jauh ini orang tua
terlibat dalam proses pembelajaran dimana bagi orang tua yang sadar tentu saja
dengan proses pembelajaran jarak jauh orang tua mulai mengerti betapa
bernilainya guru selama ini betapa menjadi guru itu tidak mudah mereka harus
mendampingi anaknya yang pembelajaran belajar bersama dengan mereka sudah merasa capek padahal mereka hanya
mendampingi sekitar 2 jam rata-rata namun ternyata mereka sedemikian luar biasa
merasakan betapa capeknya mendampingi pembelajaran anak artinya guru bersama
anak anak kandungnya saja dan mereka mulai menyadari bahwa betapa guru itu
punya nilai yang luar biasa walaupun mereka kadang malu tapi mau tidak mau
karena memang anak harus didampingi kalau tidak pembelajaran bisa jadi tidak
berjalan maksimal itu nilai positif yang kedua
Adapun yang ketiga adalah
bagi siswa seharusnya mereka punya banyak waktu untuk belajar secara mandiri
mereka jauh lebih mandiri dalam belajar dibanding ketika mereka belajar di
kelas sebelumnya yang mungkin mengerjakan PR ataupun mengerjakan tugas itu
relatif bersama-sama bisa jadi datang lebih pagi untuk mengerjakan PR namun
saat ini dalam kondisi saat ini mau tidak mau kemandirian mereka harus lebih
besar kapasitasnya dibanding sebelumnya jadi ada tiga hal itu di samping banyak
nilai positif namun ada juga nilai-nilai yang kurang dalam PJJ ini yang pertama
konsentrasi siswa tentu tidak sebagus ketika di kelas kenapa karena kemandirian
siswa untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh itu sangat terkait dengan
bagaimana kondisi mereka untuk mengikuti pembelajaran secara online yang mana
sudah berjalan hampir 2 bulan di tahun ajaran baru ini. Selain kosentrasi siswa
ada beberapa masalah yang dihadapi yaitu setelah pembelajaran berakhir yang
sehari 3 jam anak-anak mulai berselanjar kemana-mana sehingga hal-hal yang tidak
diinginkan akan muncul masalah baru.
Materi IPS merupakan
materi yang sangat luas dan penuh dengan hafalan untuk itu ada beberapa
pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajarannya antara lain:
Pertama Power Point
Kedua Video Animasi Powton
Ketiga Video Animasi
Animaker
Ketiga Game dengan
aplikasi Wordwall.com
Keempat Game dengan
aplikasi Padlet.com
Kelima Game soal dengan
aplikasi Quizziz.com
Game atau permainan
merupakan salah satu disukai oleh semua orang termasuk pelajar. Oleh karena itu
bapak ibu guru harus kreatif dan inovatif untuk membuat game yang menarik dalam
pembelajaran. Alhamdulillah saat ini banyak aplikasi atau website pembuatan
game untuk menarik minat peserta didik untuk belajar tentang mata pelajaran
yang diajarkan oleh bapak ibu guru di madrasah atau dirumah.Beberapa permainan yang sering digunakan oleh bapak
dan ibu guru baik di sekolah ataupun di rumah adalah game menjodohkan,
teka-teki silang, dan masih banyak lagi lainnya.
Pada kesempatan ini ada beberapa contoh game teka-teki
silang dengan materi Benua Eropa yakni pelajaran IPS Kelas 9 semester ganjil.
Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi berbasis web yang diberi nama
Wordwall.net. Pada TTS ini, peserta didik hanya menuliskan namanya saja,
lalu tekan Start, kemudian peserta didik hanya memindahkan saja kotak-kotak
pada bagian atas ke bagian bawah sesuai dengan yang diharapkan oleh gurunya.
Pada kesempatan ini tentu membahas tentang Benua Eropa. Pembelajaran jarak
jauh yang umum disebut PJJ memerlukan kreativitas guru untuk memberikan materi
ke siswa agar siswa tetap semangat dan tertarik mengikuti PJJ. Untuk materi IPS sebenarnya banyak kreasi yang
bisa pendidik terapkan untuk PJJ ini.
Salah satunya adalah game atau permainan
Pembelajaran IPS selain
benua Eropa juga ada game yang bisa dikerjakan ke siswa. Materi yang diberikan
dalam game ini adalah materi Ruang dan Interaksi Antarruang. Materi kelas 7
untuk mengenal pengertian ruang,bentuk-bentuk ruang dan dampak positif serta
negatif adanya interaksi antarruang. Game ini disebut Match Up atau menjodohkan
kata dan gambar dalam sebuah game.
Media yang akan kita gunakan adalah Crossword atau
Teka-teki Silang dengan menggunakan aplikasi wordwall.com
1.
Yang harus
disiapkan adalah materi yang akan digunakan dalam TTS tersebut beserta jawabannya
2. Kirimkan link yang tertera dalam wordwall yaitu https://wordwall.net/resource/3593467 ke group
Whatshap kelas
3. Selanjutnya adalah bentuk TTS yang siap dikerjakan
oleh siswa
4. Siswa tinggal menjawab TTS tersebut langsung di WA
mengklik soal nomer berapa nanti akan muncul soal dan siswa tinggal menjawab
perkata yang ada dikotak yang sudah disediakan.
5. Setelah selesai mengerjakan siswa mengklik summit
dan memasukkan namanya di leobord atau juga bisa menscrenshot jawaban siswa
agar guru mengetahui nilai yang sudah dikerjakan oleh siswa
Cara memainkannya cukup mudah yaitu
dengan:
1. Minta siswa membaca materi yang sudah
diberikan melalui classroom atau WAG
2. Berikan link game ini ke Google Classroom
atau ke WAG kelas
3. Siswa memainkannya, dengan cara mengelompokkan kata atau gambar yang berkaitan dengan pertanyaan.
4. Sebelum memainkan, pada saat siswa memasukkan
Nama, minta siswa untuk menangkap layar (screenshoot)
5. Setelah siswa selesai bermain, minta siswa
untuk tangkap layar (screenshoot) bagian hasil.
6. jika jumlah betulnya kurang dari KKM
maka siswa boleh bermain lagi.
7. Kirim screenshoot nama dan hasil game ke
classroom
Selain game dengan
menggunakan aplikasi wordwall dalam membuat teka-teki silang dan match up ada bentuk soal yang dibuat seperti game yaitu
quizziz yang mana dalam pembelajaran ini siswa diberikan link soal nanti
tinggal klik linknya dan menjawab soal yang ada pada soal quizziz tersebut.
Demikian tadi
beberapa alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Semoga materi
ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Sedikit mengutip ungkapan Mbah Padmo: urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni.
Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndhredheg.
MERDEKA !
MERDEKA!
MERDEKA !
DIRGAHAYU REPUBLIK
INDONESIA.
https://ips-hebat.blogspot.com/2020/08/pembelajaran-di-masa-pandemi-yang-asyik.html peserta lomba blog nomor 72
BalasHapus