Minggu, 16 Agustus 2020


Januari merupakan bulan ramai-ramainya pemberitaan bahwa ada sebuah wabah yang menakutkan di propinsi Wuhan China. Awal mula pandemi ini di China  akhirnya menyebar ke seluruh dunia, sehingga di Indoensia dinyatakan banyak terjangkit covid 19 awal bulan Februari dan dinyatakan  semua aktivitas kegiatan dihentikan  serta lockdown di pertengahan bulan maret. Anak-anak di sekolah mulai belajar di rumah dengan cara daring sampai ujian kenaikan kelas dan ujian nasionalpun ditiadakan.

 Di masa pademi ini, setiap diri harus mengusahakan agar tubuhnya tetap sehat untuk itu perlu adanya upaya untuk melakukannya dengan cara:

Pertama, membiasakan diri mencuci tangan sesering mungkin.mencuci tangan yang baik adalah dengan cara mencuci tangan dengan sabun dibilas sampai bersih. Tapi kalau tidak ada sabun kondisi kita jauh dari air yang mengalir bisa menggunakan handsanitizer.

Kedua, membiasakan kemana saja untuk selau memakai masker.baik di jalanan, dipasar, dan dimadrasah selalu mmakai karena sekarang sudah ada undang-udang yang mewajibkan memakai masker dan akan dikasih denda bagi yang tidak memakainya.

Ketiga, menghindari kontak dengan orang-orang yang sakit meskipun keterangan jelas penyakit karena covid ataupun bukan, kecuali para petugas kesehatan yang harus merawat para penderita yang sakit.

Keempat, biasakan tidak menyentuh wajah, jangan pegang mata, hidung, mulut, kecuali sangat diperlukan dan harus kita pastikan bahwa tangan kita selalu bersih.

Kelima sempatkan olahraga dan istirahat yang cukup

Keenam , jika memungkinkan lakukan semua aktivitas dirumah saja. Stay at home. Misalnya bekerja, belanja, belajar karena kita tidak bisa mengendalikan kondisi di luar.

Dalam point yang keenam ini guru harus belajar lagi untuk bisa menjadi guru yang profesional dalam menghadapi perubahan dalam pembelajaran. Mulai sekarang guru belajar mencari solusi dalam pembelajarannya. Di bulan maret,april,mei dan juni   banyak sekali kegiatan webinar dan bimbingan teknis untuk menerapkan pembuatan pembelajaran yang akan digunakan.di bulan april disaat guru harus work from home kita mengikuti pembelajaran pembuatan vidio dari powton, animaker, power point dan materi esensial yang akan disampaikan dalam kurikulum darurat. Selama ini masih aturan siswa belajar dirumah. Hasil telusuran teman guru mengadakan sharing dengan siswa ternyata masih ada siswa yang belum punya HP dan masih juga HP milik orang tua. Untuk itu sebagai pendidik harus bisa kreatif dan inovatif.

Menurut Surat Edaran Kemendikbud No. 15 Tahun 2020 tentang pedoman Penyelenggaraan Belajar  Dari Rumah dalam masa Darurat Penyebaran  Corona Virus Desase (Covid 19) dalam bab 1 Tujuan, Prinsip, Metode dan Media Pelaksanaan Belajar dari rumah huruf C tentang Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah( BDR) “ BDR dilaksanakan dengan pembelajaran  Jarak Jauh (PJJ)  yang dibagi ke dalam 2(dua) pendekatan: 1. Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan(daring) 2. Pembelajaran jarak jauh luar jaringan(luring) .Dalam pelaksanaan PJJ, satuan pendidikan dapat memilih pendekatan (daring atau luring atau komninasi keduanya) sesuai dengan kestersedian dan kesiapan sarana dan prasarana. Sehingga ada istilah merdeka belajar yang artinya bebas memperdayakan kemampuan pendidik dalam mengembangkan media dan sarana prasarana dalam pembelajaran.

Untuk peningkatan kompetensi guru diharapkan menghasilkan  guru yang kreatif dan inovatif, teladan dilingkungan pembelajarannya, menginspirasi siswa, menginspirasi guru lainnya disekolahnya, penggerak di komunitas guru, penggerak lingkungan pembelajaran yang berdampak well being siswa meningkat, penggerak untuk menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna. Peningkatan kompetensi guru dalam masa pendemi ini dengan cara moda tatap muka, moda blended learning, dan moda daring. Inovasi pembelajaran yang bisa meningkatkan kualitas dan kompetensi guru dan mengiinspirasi guru untuk melakukan berbagai pembelajaran bagi anak dididknya. Kegiatan peningkatan kompetensi bagi guru ini dilaksanakan dengan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Leaerning yang menuntut pendidik untuk lebih kreatif menciptakan karya-karya yang unggul dan bermanfaat bagi pengembangan pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran di masa pandemi ini pendidik dan peserta didik menggunakan media Smartphone/HP dengan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran dirumah adalah Whatshap, Google Classroom , Youtube, Facebook, Instragram serta dalam pentemuan bisa menggunakan dengan aplikasi Streamyard, Zoom dan Google Meet. Pembelajaran jarak jauh yang akan kita evaluasi selama satu bulan kedepan dimana seorang guru harus mengajar di depan layar di depan handphone di depan laptop  tentu tahap pertama pasti tidak nyaman tentu merasa kanggok dalam bahasa Indonesianya adalah merasa canggung awal-awal dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh tentu kondisi guru adalah kondisi yang tidak nyaman

Pada masa zona baru yang mungkin selama ini belum pernah di alami ada dalam kondisi yang sangat tertekan bisa jadi sangat tidak nyaman harus melakukan pembelajaran dengan bertatap muka dengan siswa-siswi dengan kondisi yang sangat berbeda dari keseharian dulu dimana dalam sebuah kelas yang sama terdengar suara mereka dalam canda mereka, yang melihat anak-anak posisi tidur di jam pertama dan harus di ingatkan untuk selalu mengangkat kepalanya agar tidak menempel dimeja, mengingatkan untuk selalu semangat dalam belajar namun saat ini  hanya menemukan mereka di layar handphone  atau di layar laptop  bahkan  tidak bisa mengingatkan mereka ketika mereka tidak fokus mendengarkan atau mematikan videonya atau hanya  hadir namanya tapi orangnya tidak nampak sehingga pendidk  tidak bisa untuk memaksa mereka untuk tetap bersama dari mulai jam pertama sampai terakhir bahkan di salam pembuka  sudah 30 menit saja tidak ada yang menjawab atau merespon pembelajaran yang diberikan oleh bapak ibu guru sehingga perlu belajar bagaimana menjadikan pembelajaran jarak jauh tetap dinikmati sebagaimana guru  dan murid-murid  belajar dan bertatap di ruang kelas

Ada beberapa fenomena positif yang ditemukan dalam proses pembelajaran jarak jauh ini yang pertama guru belajar teknologi secara sukarela atau secara paksa rela dipaksa sampai rela rasanya seperti itu sebelumnya kalau memang mau tetap membersamai siswa-siswi  dan  harus belajar minimalnya harus mendownload aplikasi yang biasa dipakai apakah Zoom ,Google Meet, Google Classroom,Kinimaster,Power Director, Camtasia yang jelas guru tambah ilmu guru dan bertambah pintar karena  harus beradaptasi secara suka atau tidak suka harus mengikuti adaptasi itu, yang awalnya dipaksa lama-lama jadi biasa.

  Pembelajaran jarak jauh ini orang tua terlibat dalam proses pembelajaran dimana bagi orang tua yang sadar tentu saja dengan proses pembelajaran jarak jauh orang tua mulai mengerti betapa bernilainya guru selama ini betapa menjadi guru itu tidak mudah mereka harus mendampingi anaknya yang pembelajaran belajar bersama dengan  mereka sudah merasa capek padahal mereka hanya mendampingi sekitar 2 jam rata-rata namun ternyata mereka sedemikian luar biasa merasakan betapa capeknya mendampingi pembelajaran anak artinya guru bersama anak anak kandungnya saja dan mereka mulai menyadari bahwa betapa guru itu punya nilai yang luar biasa walaupun mereka kadang malu tapi mau tidak mau karena memang anak harus didampingi kalau tidak pembelajaran bisa jadi tidak berjalan maksimal itu nilai positif yang kedua

Adapun yang ketiga adalah bagi siswa seharusnya mereka punya banyak waktu untuk belajar secara mandiri mereka jauh lebih mandiri dalam belajar dibanding ketika mereka belajar di kelas sebelumnya yang mungkin mengerjakan PR ataupun mengerjakan tugas itu relatif bersama-sama bisa jadi datang lebih pagi untuk mengerjakan PR namun saat ini dalam kondisi saat ini mau tidak mau kemandirian mereka harus lebih besar kapasitasnya dibanding sebelumnya jadi ada tiga hal itu di samping banyak nilai positif namun ada juga nilai-nilai yang kurang dalam PJJ ini yang pertama konsentrasi siswa tentu tidak sebagus ketika di kelas kenapa karena kemandirian siswa untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh itu sangat terkait dengan bagaimana kondisi mereka untuk mengikuti pembelajaran secara online yang mana sudah berjalan hampir 2 bulan di tahun ajaran baru ini. Selain kosentrasi siswa ada beberapa masalah yang dihadapi yaitu setelah pembelajaran berakhir yang sehari 3 jam anak-anak mulai berselanjar kemana-mana sehingga hal-hal yang tidak diinginkan akan muncul masalah baru.

Materi IPS merupakan materi yang sangat luas dan penuh dengan hafalan untuk itu ada beberapa pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajarannya antara lain:

Pertama Power Point

Kedua Video Animasi Powton

Ketiga Video Animasi Animaker

Ketiga Game dengan aplikasi Wordwall.com

Keempat Game dengan aplikasi Padlet.com

Kelima Game soal dengan aplikasi Quizziz.com

Game atau permainan merupakan salah satu disukai oleh semua orang termasuk pelajar. Oleh karena itu bapak ibu guru harus kreatif dan inovatif untuk membuat game yang menarik dalam pembelajaran. Alhamdulillah saat ini banyak aplikasi atau website pembuatan game untuk menarik minat peserta didik untuk belajar tentang mata pelajaran yang diajarkan oleh bapak ibu guru di madrasah atau dirumah.Beberapa permainan yang sering digunakan oleh bapak dan ibu guru baik di sekolah ataupun di rumah adalah game menjodohkan, teka-teki silang, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada kesempatan ini ada beberapa contoh game teka-teki silang dengan materi Benua Eropa yakni pelajaran IPS Kelas 9 semester ganjil. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi berbasis web yang diberi nama Wordwall.net. Pada TTS ini, peserta didik hanya menuliskan namanya saja, lalu tekan Start, kemudian peserta didik hanya memindahkan saja kotak-kotak pada bagian atas ke bagian bawah sesuai dengan yang diharapkan oleh gurunya. Pada kesempatan ini tentu membahas tentang Benua Eropa. Pembelajaran jarak jauh yang umum disebut PJJ memerlukan kreativitas guru untuk memberikan materi ke siswa agar siswa tetap semangat dan tertarik mengikuti PJJ. Untuk materi IPS sebenarnya banyak kreasi yang bisa pendidik  terapkan untuk PJJ ini. Salah satunya adalah game atau permainan

Pembelajaran IPS selain benua Eropa juga ada game yang bisa dikerjakan ke siswa. Materi yang diberikan dalam game ini adalah materi Ruang dan Interaksi Antarruang. Materi kelas 7 untuk mengenal pengertian ruang,bentuk-bentuk ruang dan dampak positif serta negatif adanya interaksi antarruang. Game ini disebut Match Up atau menjodohkan kata dan gambar dalam sebuah game.

Media yang akan kita gunakan adalah Crossword atau Teka-teki Silang dengan menggunakan aplikasi wordwall.com

1.    Yang harus disiapkan adalah materi yang akan digunakan dalam  TTS tersebut beserta jawabannya

2.    Kirimkan link yang tertera dalam wordwall yaitu https://wordwall.net/resource/3593467 ke group  Whatshap kelas

3.    Selanjutnya adalah bentuk TTS yang siap dikerjakan oleh siswa

4.    Siswa tinggal menjawab TTS tersebut langsung di WA mengklik soal nomer berapa nanti akan muncul soal dan siswa tinggal menjawab perkata yang ada dikotak yang sudah disediakan.

5.    Setelah selesai mengerjakan siswa mengklik summit dan memasukkan namanya di leobord atau juga bisa menscrenshot jawaban siswa agar guru mengetahui nilai yang sudah dikerjakan oleh siswa

 

 


Cara memainkannya cukup mudah yaitu dengan:
1. Minta siswa membaca materi yang sudah diberikan melalui classroom atau WAG
2. Berikan link game ini ke Google Classroom atau ke WAG kelas

3. Siswa memainkannya, dengan cara mengelompokkan kata atau gambar yang berkaitan dengan pertanyaan.

4. Sebelum memainkan, pada saat siswa memasukkan Nama, minta siswa untuk menangkap layar (screenshoot)
5. Setelah siswa selesai bermain, minta siswa untuk tangkap layar (screenshoot) bagian hasil.

6. jika jumlah betulnya kurang dari KKM maka siswa boleh bermain lagi.
7. Kirim screenshoot nama dan hasil game ke classroom

Selain game dengan menggunakan aplikasi wordwall dalam membuat teka-teki silang dan match up  ada bentuk soal yang dibuat seperti game yaitu quizziz yang mana dalam pembelajaran ini siswa diberikan link soal nanti tinggal klik linknya dan menjawab soal yang ada pada soal quizziz tersebut.

Demikian tadi beberapa alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Semoga materi ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Sedikit mengutip ungkapan Mbah Padmo:  urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndhredheg.

MERDEKA !

MERDEKA!

MERDEKA !

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA.

 

 

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. https://ips-hebat.blogspot.com/2020/08/pembelajaran-di-masa-pandemi-yang-asyik.html peserta lomba blog nomor 72

    BalasHapus

- Copyright © IPS HEBAT - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -