Selasa, 19 Mei 2020

A.   Letak dan  Luas Indoneisia

 

1.   Letak Indonesia

    Letak suatu tempat di permukaan bumi tidak hanya sekadar posisi suatu objek di             permukaan bumi, tetapi juga karakteristik yang ada pada tempat tersebut. Setiap              tempat akan menunjukkan perbedaan dengan tempat lainnya di permukaan bumi.         Karakteristik tempat tersebut dapat diidentifikasi bersuhu rendah berupa dataran tinggi    atau pegunungan, sebagai masyarakat bekerja dibidang perkebunan.

    a.         Letak Astronomis Indonesia



                    Sumber: berbagireviews.com

 

Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Garis lintang adalah garis khayal yang melintang melingkari bumi. Garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Garis lintang digunakan untuk pedoman pembagian iklim, sedangkan garis bujur digunakan untuk pedoman pembagian waktu. Secara astronomis, Indonesia terletak antara 95° BT – 141° BT dan 6° LU - 11° LS. Dengan letak astronomis tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,5° LU dan 23,5° LS.




Sumber: www.google.com

Garis Lintang adalah garis khayal pada peta atau globe yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Berdasarkan garis lintang 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan), Indonesia berada di wilayah dengan iklim tropis yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1)     curah hujan tinggi

2)     terdapat hutan hujan tropis yang luas

3)     sinar matahari sepanjang tahun

4)     kelembaban udara yang tinggi

     Garis bujur adalah garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi. Garis bujur berdampak pada waktu setempat suatu negara. Garis bujur 0berada di Greenwich. Indonesia berada di garis bujur 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur). Letak ini menyebabkan Indonesia memiliki tiga daerah waktu, yaitu:

1)    Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)

Daerah yang berada di Indonesia bagian barat memiliki selisih waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

2)     Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)

Wilayah Indonesia tengah memiliki selisih waktu +8 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

3)    Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)

Indonesia bagian timur memiliki selisih waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

 


    Gambar Peta Pembagian waktu

    Sumber: sar-syifa.com


b.  Letak Geografis

Letak geografis adalah letak suatu negara di permukaan bumi. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Benua yang mengapit Indonesia adalah Benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia dan Benua Australia yang terletak di sebelahselatan Indonesia. Samudra yang mengapit Indonesia adalah Samudra Pasifik di sebelah timur Indonesia dan Samudra Hindia di sebelah barat Indonesia.





                        Sumber:referensiana.com

 

Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah. Batas-batas wilayah Indonesia dengan wilayah lainnya adalah seperti berikut :

1)    Sebelah utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipina dan Laut Cina Selatan.

2)    Sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia.

3)    Sebelah barat, Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.

4)    Sebelah timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

 

 

Pengaruh posisi geografis bagi Indonesia:

1)     Indonesia dilalui oleh angin mansoon

2)     Indonesia menjadi negara yang potensi perekonominya baik sebab negara-negara lain menjadikan Indonesia sebagai titik Industri.

3)     Indonesia memiliki kebudayaan lain yang beragam dan khas.

Pengaruh Letak Geografis terhadap Keadaan Alam Indonesia merupakan negara kepulauan yang merupakan pertemuan dua samudra besar (Samudra Pasifik dan Samudra Hindia) dan diapit daratan luas (Benua Asia dan Australia). Hal itu berpengaruh terhadap kondisi alam.

1)      Wilayah Indonesia beriklim laut, sebab merupakan negara kepulauan, sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut yang mendatangkan banyak hujan.

2)      Indonesia memiliki iklim musim, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin muson yang berembus setiap 6 bulan sekali berganti arah. Hal ini menyebabkan musim kemarau dan musim hujan di Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis terhadap Keadaan Penduduk Karena Indonesia terletak pada posisi silang (cross position) antara dua benua dan dua samudra, maka pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut.

1)      Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan asing, yakni dalam bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama.

2)      Indonesia terletak di antara negara-negara berkembang, sehingga memiliki banyak mitra kerja sama.

3)      Lalu lintas perdagangan dan pelayaran di Indonesia cukup ramai, sehingga menunjang perdagangan di Indonesia dan menambah sumber devisa negara.

 

c.    Letak Geologis

 Letak geologis adalah letak suatu daerah atau negara berdasarkan keadaan batuan-batuan yang terdapat pada tubuh bumi.

Berdasarkan dari keadaan geologinya Wilayah Indonesia dibedakan dalam 3 Daerah Dangkalan. Dangkalan adalah daratan yang terdapat di dalam laut yang menghubungkan suatu wilayah dengan daratan yang sangat luas (benua). 

1)    Dangkalan Sunda adalah daratan di dalam laut yang menghubungkan wilayah Indonesia bagian barat dengan benua Asia.

2)    Dangkalan Sahul adalah daratan di dalam laut yang menghubungkan Indonesia bagian timur dengan benua Australia.

3)    Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul yang merupakan daratan yang terletak di wilayah tengah Indonesia antara Dangkalan Sunda dan Sahul.





                               Gambar Peta Letak Geologis

                                Sumber:Zonageograp.blongspot.com

 Dampak dari letak geologis Indonesia tersebut, antara lain sebagai berikut :

1)     Indonesia memiliki banyak gunung berapi

2)     Wilayah Indonesia termasuk daerah yang labil dan sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik

3)     Di dalam perut bumi wilayah Indonesia terdapat banyak kandungan bahan tambang, seperti minyak bumi, emas, timah, bauksit, dan batu bara.

4)     Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik

5)     Laut di bagian Indonesia barat dan lndonesia timur dangkal, di Indonesia tengah lautnya dalam

 

2.      Luas Indonesia

Letak Indonesia yang startegis juga memiliki luas wilayah yang tergolong besar. Badan Informasi Geospasial (BIG) menyebutkan wilayah Indonesia terdiri atas daratan seluas 1.922.570 km2 dan perairan seluas 3.257.483 km2. Jika dibandingkan dengan wilayah lainnya, maka luas wilayah Indonesia (daratan dan lautan) kurang lebih sama dengan Eropa atau hampir sama dengan Amerika Serikat atau Australia. Daratannya terdiri atas 17.504 pulau yang  menjadikannya sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Banyaknya pulau membuat garis pantainya juga sangat besar yaitu mencapai 99.030 kilometer.

Indonesia  dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, jadi bisa dianggap Indonesia itu negara yang luas. Seperti misalnya Indonesia, yang ternyata jauh lebih luas dibandingkan dengan luas Eropa Barat, yang terdiri dari 11 negara, yaitu Inggris, Jerman, Belgia, Prancis, Liechtenstein, Luksemburg, Monako, Belanda, Inggris, Irlandia dan Swiss.

Selain itu,  Indoensia merupakan negara yang memiliki luas 5.193.250 km2 mencakup daratan lautan sehingga sebagai negara terluas ke-7 di dunia setelah Rusia, Kanada, Amerka Serikat, China, Brazil dan Australia. Adapun luas pulau Kalimantan ternyata lebih luas dari negara Spanyol, bahkan luasnya mencapai dua kali luas negara Inggris.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © IPS HEBAT - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -